Welcome


You`ve Entered Your New World

Selasa, 01 November 2011


IMG0388A.jpgIMG0375A.jpgDI LAUT ADA APA YAAA??
Lautan adalah wilayah permukaan dominan di bumi yang memiliki daerah-daerah yang bervariasi. Permukaan lautpun amat sangat luas. Didalamnya terdapat banyak kehidupan tumbuhan maupun hewan. Kehidupan dilautan ternyata justru lebih banyak dibanding dengan kehidupan didarat lho. Terus siapa aja sih yang menghuni laut???

1. Planton
Plankton adalah lapisan yang terbentuk dari jutaan bahkan milyaran hewan dan tumbuhan renik yang terdapat di permukaan  laut. Plankton terdiri dari daua macam, yaitu Zooplankton dan Phytoplankton. Plankton hidup di lapisan laut yang masih terdapat sinar matahari. Karena tumbuhan ini membutuhkan sinar matahari untuk proses pertumbuhannya.
Jenis plankton beraneka ragam. Ada yang berjenis udang, ikan, kepiting, dsb. Plankton sejenis udang memakan langsung jenis planton tumbuhan. Tapi ada juga plankton yang saling memakan. Kelangsungan hidup binatang laut sangat bergantung pada plankton. Karena plankton merupakan sumber makanan bagi organisme yang lebih besar.







2.       Ikan pari
Ikan ini hidup di dasar laut, memilki kulit bertotol seperti pasir. Jika ikan ini menaburkan pasir pada punggungnya, maka akan terhindar dari pemangsanya.





3.       Belut batu laut
Hewan ini tersembunyi di dalam celah bongkahan-bongkahan batu pada dasar laut, serta mempunyai warna yang tersamar dengan lingkungannya, hingga musuhnya sulit untuk melihatnya. Keuntungan lainnya dari hal tersebut yaitu ia dapat dengan leluasa memangsa mangsanya yang tak melihat ikan ini tengah bersembunyi.


4.       Tiger Fish
Ikan macho  ini mempunyai duri-duri yang berwarna cerah dan beracun yang berguna untuk mengusir mangsanya yang berupa ikan –ikan buas.


5.       Ikan Kupu-kupu
Ikan ini memiliki mata palsu di dekat ekornya. Saat berjumpa, sang musuh akan mengira bahwa ikan ini lebih besar darinya, maka ikan pemangsa tersebut akan menghindar dengan sendirinya.
6.       Ikan badut
Ikan ini hidup di cabang-cabang karang yang disebut sebagai “Anemo Laut”. Ada sejenis kapsul beracun disetiap ujung cabang anemo laut yang membuat pemangsa yang akan memangsanya akan terluka atau mati. Ada cairan khusus di badan ikan badut ini yang melindunginya dari kapsul anemo laut tersebut.
7.       Ikan paus
Text Box: Ikan Badut berlindung pada AnemoJenis ikan paus yang dikenal memilki berat 150.000 kg dengan panjang lebih dari 30 m. seperti yang telah kita ketahui bahwa paus bernafas dengan paru-paru. Mereka bernafas bila berada di permukaan air dengan cara menyemburkan air. Oleh karenanya ikan ini hanya sanggup menyelam tak lebih dari 30 menit.



8. Ikan hiu
Hiu merupakan ikan dengan kerangka tulang muda yang lengkap dan tubuh yang ramping. Hewan buas satu ini bernafas mengggunakan lima liang insang di samping atau dimulai sedikit di belakang kepalanya. Hiu memiliki tubuh yang dilapisi kulit dermal denticles yang berguna untuk melindungi kulit mereka dari kerusakan dan parasit, serta menambah dinamika air. Macam-macam Hiu:
a.       Hiu pigmi
b.      Hiu paus
c.       Hiu martil
d.      Hiu banteng
e.      Hiu cucut
f.        Hiu putih
g.       Hiu bertotol
9.       Lumba-Lumba
Lumba-lumba mempunyai kulit yang licin dan halus hingga memudahkannya untuk berenang dengan sempurna.
                Ikan ini tidak memiliki indra penciuman dan matanyapun tak bisa melihat dengan sempurna. Tapi ia memiliki indra pendengarana yang tajam, ia bisa mendengar suara dengan jarah sejauh beberapa kilometer. Ditambah dengan suatu sistem dalam tubuhnya yang mereka gunakan dibawah laut yang memudahkannya menentukan arah dan mengetahui mangsanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar